Sex Education #5 Pentingnya Aqil dan Baligh secara Bersamaan

Akan ada suatu fase dimana ananda mencapai usia aqil baligh, untuk itu penting bagi ayah dan bunda untuk mengetahui tentang kedua istilah tersebut. Aqil adalah matang secara psikologis atau secara bahasa diartikan sebagai berakal. Aqil dapat dikatakan memiliki kecakapan berpikir yang matang berdasarkan acuan shahih dalam agama. Sedangkan baligh merupakan fase matang secara fisik atau secara bahasa diartikan sebagai “sampai”. Sedangkan secara syara’, baligh artinya adalah seseorang telah sampai pada masa pemberian beban hukum syariat atau taklif.

Baligh pada anak perempuan ditandai dengan haid sedangkan pada anak laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Namun, baligh belum tentu aqil, seperti kita lihat bahwa di masa ini, ananda yang sudah haid maupun mimpi basah masih bersikap kekanak-kanakan, beberapa bahkan tidak mampu hidup jika tidak ditopang oleh orang tua.

Untuk itu, orang tua harus menyiapkan anak untuk mencapai aqil dan baligh secara bersamaan, salah satunya dengan cara belajar memimpin baik dirinya maupun orang lain. Selain itu, ia harus juga mempelajari tentang basic life skill, atau kemampuan bertahan hidup, dengan mengurus segala kemampuan mendasarnya sendiri. Mencari nafkah dan merawat makhluk hidup, baik laki-laki maupun perempuan harus memiliki dua kemampuan ini, dimana penitik beratannya yang berbeda. Bagi laki-laki harus ditekankan mengenai skill mencari nafkah serta untuk perempuan mengenai merawat makhluk hidup. Last but not least, latih ananda untuk fokus pada solusi, bukan masalah. Sehingga kelak ia akan menjadi insan yang bermanfaat bagi lingkungannya.

Sumber: presentasi kelompok 5 Bunda Sayang Pranikah batch 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s