Sex Education #4 Peran Ayah

Sudah dijelaskan pada beberapa artikel sebelumnya bahwa kedua orang tua berperan penting dalam kesuksesan pendidikan seksualitas ananda. Nah, kali ini kita akan fokus pada peran-peran yang harus dijalani oleh ayah serta dampak pada anak yang ayahnya tidak hadir dalam keseharian mereka.

Ketika seorang ayah tidak hadir baik secara hati atau hingga secara fisik dalam kehidupan ananda, akan ada beberapa dampak yang mungkin dirasakan oleh ananda. Dampak-dampak tersebut antara lain: kemiskinan, karena ayah biasanya adalah tulang punggung keluarga; pernikahan dini untuk mencari sosok ayah atau karena efek domino dari kemiskinan; bullying, baik sebagai korban maupun pelaku; penyalah gunaan miras maupun narkoba; rentan masuk penjara; drop out; serta menjadi LGBT.

Perlu digaris bawahi bahwa hadir disini tidak hadir secara fisik, namun juga secara hati dan waktu. Dengan keberadaan seorang ayah, anak jadi mengerti bagaimana seseorang dengan peran pemimpin keluarga bersikap di rumah. Hadirkan sosok anda yang tegas dan juga lembut dalam satu waktu. Ajarkan pada anak bahwa laki-laki juga bisa melakukan pekerjaan rumah tangga dan bagaimana anda berbagi peran dengan istri anda.

Bagaimana jika ayah betul-betul tidak bisa hadir karena kematian, cerai, maupun pekerjaan yang mengharuskan ayah tidak hadir dalam waktu yang lama. Maka, tugas bunda untuk menghadirkan sosok ayah melalui cerita-cerita bunda mengenai ayah atau jika ada video-video tentang ayah yang bunda miliki. Seperti dalam cerita Sabtu bersama Bapak. Jika ayah hanya terpisah jarak, maka hadirkan melalui berbagai teknologi yang ada. Selain itu, bunda juga bisa mendekatkan ananda dengan sosok ayah pada pamannya, kakeknya atau kerabat lainnya yang bunda nilai memiliki karakter ayah yang baik.

Sumber: presentasi kelompok 4 Bunda Sayang Pranikah batch 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s