Sex Education #1 Perbedaan Gender

Sex merupakan hal yang seringkali dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia, dampaknya, anak jadi mencari sendiri demi memuaskan rasa ingin tahunya. Padahal, apabila orang tua mau menyingkirkan ketabuan dan membicarakan mengenai sex dengan ananda dalam konteks ilmiah justru akan membantu ananda untuk memahami konteks ini dengan lebih baik.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sex education, mari kita lihat terlebih dahulu mengenai perbedaan gender. Banyak yang masih tidak memahami perbedaan antara sex dan gender, bahkan dalam beberapa bahasa tidak memiliki pembeda antara kedua istilah itu.

Di Indonesia sendiri, sex mengacu kepada perbedaan jenis kelamin yang kita ketahui terbagi menjadi 2, perempuan dan laki-laki. Sedangkan gender merupakan peran dari masing-masing jenis kelamin yang terbentuk dari sosial budaya yang berkembang di masyarakat. Contohnya, apabila perempuan sering dikaitkan dengan kemampuan untuk mengasuh anak, keibuan serta lembut. Sedangkan laki-laki lebih dikaitkan dengan pekerjaan yang membutuhkan fisik yang kuat.

Ada beberapa hormon yang mempengaruhi sifat dari kedua jenis sex ini, untuk laki-laki yang terkenal adalah hormon testosteron dan untuk wanita ada estrogen dan progesteron. Jika porsi kedua hormon tersebut tidak seimbang pada masing-masing jenis kelamin, dapat menimbulkan cross function atau biasa kita lihat sebagai lelaki yang lemah gemulai dan perempuan yang macho.

Dewasa ini, di beberapa negara, gender sudah tidak lagi hanya dua jenis. Facebook US memiliki 51 pilihan gender, di Thailand sudah mengakui 18 jenis gender, dan juga di berbagai negara lain seperti Jerman yang sudah mengakui adanya gender ketiga. Lantas, bagaimana kita mendidik ananda di era yang sudah sangat berkembang ini sehingga ia mampu menyikapi dengan baik berbagai fenomena yang ada di sekitarnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s