Matematika Logis #3

Kali ini saya mau ngobrol tentang mengklasifikasikan masalah tantangan. Menurut buku 7 habits, tantangan terbagi menjadi 3 bagian (cmiiw): yang berhubungan dengan diri sendiri, yang berhubungan dengan orang lain, yang berhubungan dengan sesuatu di luar kontrol kita.

Nah, ketika sebuah tantangan berhubungan dengan diri sendiri, maka selama kita mau berusaha pasti akan terselesaikan. Contoh: malas ketika mau mengerjakan tugas bunda sayang, maka solusinya bisa kita pecahkan sendiri.

Beda jika ternyata ketika kita sudah bersemangat untuk melakukan kerja kelompok, kemudian teman-teman malah tidak suportif, malas-malasan dan berbicara tentang hal di luar tugas. Maka ini faktor orang lain. Kita bisa menegur teman kita, tapi kita tidak bisa mengontrol respon yang diberikan oleh teman-teman kita. Untuk tantangan yang satu ini, saya memilih untuk menyelesaikan ketika saya ingin melakukannya. Karena dibutuhkan usaha yang cukup besar, atau bahkan tidak mungkin, untuk merubah seseorang. Jika teman-teman tetap tidak bisa melakukan sesuatu seperti yang kita inginkan, ya tugas kita hanya tinggal tarik napas dan buang jauh-jauh.

Terakhir adalah sesuatu yang tidak bisa kita kontrol, seperti badai atau hujan angin. Jika memang terjadi saya biasanya sudah menyiapkan plan B. Tapi jika tidak ada, maka saya akan nikmati saja saat-saat kesel dsb. Kata bapak juga kalo ga ada duit itu sandal aja putus. Jadi ya, apapun yang terjadi kita harus tetap berbahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s