Budaya Membaca #6

Nah loh, mau cerita apa? Wkwk

Di tulisan saya yang ke enam ini, saya mau share beberapa kegiatan literasi yang saya lakukan dengan fasilitator-fasilitator di Lebah Putih. Karena sebelum mengajarkan anak-anak untuk senang membaca, fasilitatornya terlebih dahulu harus termotivasi untuk terus membaca.

Saya mulai waktu itu dengan meminta teman-teman untuk membaca apa saja, mau itu buku, artikel, atau komik-komik pendek. Syaratnya harus sampai tuntas dan bisa diceritakan kembali ke teman-teman yang lain.

Kebanyakan memilih untuk membaca artikel pendek. Saya maklum, memang tidak mudah untuk bisa seketika menyukai membaca.

Kemudian saya mulai sodorkan beberapa buku yang saya rasa menarik untuk dibaca oleh kakak-kakak. Saya edarkan di grup dan di list jadwal peminjaman setiap bukunya. Menarik, mulai banyak yang ingin membaca. Kendala muncul karena satu buku bisa sangat lama waktu membacanya. Akhirnya kami berlakukan batas pengembalian hehe, speeding up a bit.

Rencananya, semester ini kami akan masuk ke pemahaman isi buku. Nantinya satu buku akan dibaca secara keroyokan, kemudian di presentasikan di waktu yang sudah disepakati.

Mengajak orang lain untuk gemar membaca itu gampang gampang susah, selama kita tetap konsisten untuk melakukan, saya rasa tidak ada yang tidak mungkin hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s