Budaya Membaca #5

Sesungguhnya netizen, disini saya sudah mulai bingung, mau nulis apa lagi. Karena memang kalau baca buku tidak secepat membalikkan telapak tangan. Sehingga apa pula yang akan saya tulis disini. Hm. Biarkan saya berpikir sejenak.

Mari kali ini kita berbicara mengenai cara saya untuk memahami isi buku. Tiap jenis buku membutuhkan cara sendiri-sendiri agar isinya bisa long lasting di otak saya, kalau enggak. um. Poof. Hilang.

(dan ini sering)

Oke back to the topic, untuk buku-buku ringan seperti novel, biasanya saya akan mengingat alur ceritanya cukup lama, paling tidak garis besarnya. Kalau cukup berkesan bagi saya, maka saya bisa juga menghafal nama karakternya, tapi ini case yang sangat amat juarang terjadi (sampe pemborosan kata nih). Oh iya untuk buku jenis ini biasanya saya hanya butuh 1-2 hari untuk menyelesaikannya.

Kemudian kalau bukunya berbobot tapi related dengan keseharian saya, maka akan lebih mudah masuk dalam otak saya, cuman singgahnya memang tidak bisa diperkirakan. Bisa setahun, dua tahun, lima tahun, bisa juga besoknya lupa, atau menit berikutnya harus baca ulang karena nge blank. Tidak apa-apa, itu wajar. Buku jenis ini membutuhkan 1-2 minggu untuk menyelesaikannya.

Buku yang terakhir adalah buku yang berbobot tapi ga related dengan keseharian, kayak buku-buku tenang bisnis, dsb. Nah buku yang kayak gini biasanya saya butuh baca berkali-kali, pelan-pelan banget, dan diresapi dengan sepenuh hati. Setelahnya pun saya harus bikin review, agar saya menuliskan kembali dan bisa lebih mengerti. Buku jenis ini butuh 1-2 bulan untuk menyelesaikannya. Tergantung mood dan aktifitas.

Yap, kurang lebih seperti itu cara saya mengkategorikan buku. Biasanya sih saya mix and match beberapa buku yang saya baca, jadi dalam satu waktu saya bisa baca 2-3 buku sekaligus, biar ga bosen. Nah, 2-3 buku ini terdiri dari kelompok yang berbeda, porsi terbanyak tentu datang dari kelompok pertama hehehe.

Sampai jumpa lagi~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s