Gaya Belajar – Day 9

Gimana sih caranya membersamai anak dengan gaya belajar kinestetik?

Sering sekali ada orang tua yang bertanya seperti ini pada saya. Hm.. tiap anak unik sih ya, jadi tidak ada hal baku yang bisa jadi sarana “mencontek” orang tua. Saya coba share yang selama ini saya lakukan di Lebah Putih ya.

Sebelum belajar, kami ada kegiatan morning activity, dimana anak bisa bebas memilih ingin berkegiatan apa. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan setiap anak, yang senang bergerak bisa lari-larian sampai puas, yang seneng baca juga bisa pilih mau baca apa, dsb.

Dengan begitu, anak sudah terpenuhi dulu kebutuhan dasarnya. Barulah kita masuk ke kebutuhan selanjutnya. Karena memegang satu kelas dengan banyak kepala, maka kakak akan berusaha memenuhi karakter setiap anak dalam sehari. Jadi ada sesi yang melibatkan gerak, ada yang melibatkan bacaan, ada juga yang melibatkan presentasi, diskusi, nonton film, dsb.

Biasanya, anak yang kinestetik akan suka diajak berkegiatan di alam terbuka. Maka, ada beberapa opsi, memang pembelajaran melibatkan alam sekitar (seperti meneliti bunga, dsb), atau pembelajaran bertempat di alam sekitar (mengerjakan worksheet di luar kelas), atau pembelajaran dengan metode bergerak (lari sana sini, dsb).

Yang pasti sih harus pandai-pandai menyiasati, biar tenaga kita ga habis juga hehehe.

Yak, sekian dulu ya tips dari saya, nantikan postingan selanjutnya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s