Gaya Belajar – Day 3

Lanjut dari postingan sebelumnya, bagaimana sih cara orang tua menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk belajar pada anak?

Meski mungkin bapak sama ibu belum tahu ilmunya dulu ketika kami masih kecil, tapi secara tidak langsung bapak dan ibu memberi tahukan pada kami mengenai konsekuensi dari setiap pilihan serta memberikan kebebasan penuh pada kami untuk memilih.

Kami selalu menerapkan setiap masuk ke suatu area baru, kami harus tahu bagaimana cara keluar, pintu darurat dimana saja, dsb. Begitu pula dengan sekolah, ketika kami memilih untuk masuk, bapak dan ibu memberitahukan bahwa jika mau keluar, maka kami harus menyelesaikan 1 tahun ajaran (2 semester), baru diperbolehkan untuk keluar. Kalau masih di tengah-tengah, kami harus bertahan, mencari cara agar bisa fit dengan kondisi yang ada disana.

Kemudian, setiap tahun, saya dan adik-adik pasti ditanya masih mau lanjut di sekolah yang sekarang atau mau berganti? Kalau mau berganti, berganti ke sekolah yang mana? A, B, C atau homeschooling?

Dari situ kami belajar bahwa semua yang kami lakukan harus kami jalani dengan penuh kesadaran, bukan keterpaksaan. Maka dari itu, kami jadi bertanggung jawab untuk menjadi yang terbaik sebagai definisi dari prinsip kami: High energy ending!

Next artikel bakal lebih detil membahas tentang gaya belajar saya dari tahun ke tahun, tunggu ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s