Gaya Belajar – Day 2

Hari ini, di Lebah Putih sudah mulai kegiatan Semester Ceria! Yeay! Buat yang belum tau, Semester Ceria adalah kegiatan PAS (Pelatihan Akhir Semester) ala Lebah Putih yang kadang suka nganeh-nganehi. Untuk kali ini, temanya masih belum bisa move on dari Open House, yaitu…

Treasury Hunting!

Setiap anak nantinya bisa membawa pulang sesuatu ketika sudah menyelesaikan seluruh rangkaian PAS hari itu.

Melihat anak-anak bersiap untuk ujian, saya jadi teringat, biasanya weekend sebelum ujian saya sibuk menghias kamar atau (semenjak UN SD saya jadi suka) spa. Karena menurut penelitian juga, otak akan bekerja dengan lebih baik dalam keadaan rileks, jadi salah banget buat yang suka SKS (sistem kebut semalam) nih.

Oh dan dari dulu sampai sekarang saya tidak pernah merepotkan orang tua untuk belajar, karena saya dan adik-adik sudah dilatih untuk bisa bertanggung jawab dengan cara belajar mandiri. Kami sendiri yang memilih masuk ke sekolah formal, maka bentuk tanggung jawab kami adalah dengan lulus sesuai dengan sistem sekolah tersebut.

Kalau saya senang membuat rangkuman dan mind map jauh-jauh hari sebelum ujian. Biasanya dulu kalau tidak ada PR, saya suka iseng ngerangkum-ngerangkum atau bikin gambar yang memudahkan saya memahami atau menghafal sesuatu. Kebiasaan ini berguna ketika saya sudah kuliah, saya jadi terbiasa untuk membaca materi sebelum masuk ke kelas, meski hanya nge stabilo-stabilo in, tapi udah lumayan lah untuk amunisi.

Gimana sih cara orang tua saya membentuk rasa tanggung jawab untuk belajar? Tunggu post berikutnya ya :)))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s