FAQ #4

Question:

“Dulu homeschoolingnya seperti apa, mbak?”

Answer:

Disclaimer dulu ya, saya dulu homeschooling hanya 2 tahun, setahun saat usia 8 tahun di kelas 4 dan ketika keluar dari pondok di kelas 1 SMP. Sisanya, saya menjalani home based education.

Meski hanya 2 tahun, saya cukup mengalami turbulence yang sering dialami oleh mereka yang baru menjalani homeschooling. Ketika SD, saya sangat senang dengan homeschooling, karena saya bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Saya bisa belajar di atas pohon jambu, di tempat mandi bola, di ragunan, dan masih banyak lagi. Saya juga belajar langsung dengan cara praktek, sehingga saya tidak bosan.

Saat itu, saya tidak mengenal apa itu jadwal, dan apa saja yang harus saya pelajari di luar text book. Saya hanya mengikuti kegiatan yang sudah di desain oleh ibu saya. Celakanya, ketika saya menjalani homeschooling di SMP (kelas 5 dan 6 SD saya masuk kembali ke sekolah karena harus pindah ke Salatiga, dan saat itu homeschooling tidak diakui sebagai satuan pendidikan legal di Salatiga) ibu saya sudah tidak sanggup lagi mengajari saya dengan pelajaran yang semakin beragam, akhirnya saya mencari buku paket dan belajar sendiri.

Karena hanya memindahkan kurikulum sekolah ke rumah, akhirnya saya menjadi bosan dan jenuh. Saya lebih menikmati ikut ibu saya berkeliling Indonesia untuk seminar Jarimatika, dibanding di rumah dan belajar sendirian. Sudah begitu, bapak saya saat itu masih sangat galak, jadi kami sering berantem.

Setelah melihat metode homeschooling yang dijalani oleh adik saya, saya sadar bahwa saat itu saya salah. Seharusnya homeschooling bukanlah memindahkan kurikulum sekolah ke rumah, tapi lebih berfokus pada apa yang diinginkan anak, dijalankan dan dikaji lebih dalam sehingga menjadi projek yang terstruktur.

Seperti kurikulum 13 yang memiliki tema pembelajaran, homeschooling pun begitu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s