FAQ #3

Question:

“Apa yang bikin mbak Enes merasa dunia pendidikan adalah bagian dari mbak Enes?”

Answer:

Hmm.. Saya lupa saya sudah pernah cerita mengenai ini atau belum. Tapi, kalaupun sudah, saya tidak keberatan untuk menceritakannya lagi.

Cerita ini dimulai dari lama, namun baru menemukan titik baliknya ketika saya harus menentukan apakah saya akan melanjutkan Busana Eneska atau tidak. Dulu, saya sangat tidak suka bergerak di bidang pendidikan, karena sama saja saya terjun ke dunia dimana saya pasti akan dibandingkan dengan ibu saya. Maka dari itu, di usia 16 tahun saya memilih untuk kuliah di jurusan keuangan, bukan pendidikan.

But, saya bukan salah jurusan kok (bagian ini saya ceritakan lebih detilnya nanti, di postingan lain ya ^^), saya menyukai keuangan dengan segala renik-reniknya. Namun, ketika ditanya, “apa yang membuat mata saya berbinar? Apa yang membuat saya ingin terus melakukannya meski berbagai rintangan menghalang?” membuat saya menilik kembali hidup saya jauh ketika saya masih berusia 9 tahun. Kala itu, ibu saya sedang bersinar dengan Jarimatika, dan saya menjadi pengajar termuda di Jarimatika sebagai pengampu kelas level 1 yang berisikan murid kelas 1 dan TK. Mereka memanggil saya, Bu Enes.

Kemudian dilanjutkan ketika saya pergi ke Singapura, salah satu jalur rejeki saya adalah pendidikan, melalui private tutoring saya bisa memenuhi kebutuhan hidup saya sehari-hari. Dan saya menikmati setiap detik bersama anak-anak. Bahkan tidak jarang saya diajak lomba lari, atau bermain berbagai hal yang lucu-lucu.

Akhirnya, saya putuskan, apapun yang terjadi, saya akan memilih pendidikan sebagai jalur hidup saya. Meski nanti akan diremehkan atau dipandang sebelah mata, saya tidak apa-apa, karena saya sudah yakin memilih dengan berbagai konsekuensinya.

So, here I am, in the middle of my beloved students and my solid team. And I love my life.

 

DSC00489.JPG

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s