Sekolah itu BUKAN Pengganti Orang Tua

Tidak jarang ditemui orang tua siswa yang menyalahkan sekolah akan ketidak mampuan anaknya atau perubahan yang terjadi pada anak tersebut. Menurut saya, fenomena ini super lucu, bahkan udah melebihi srimulat.

Anak merupakan tanggung jawab penuh orang tua dan sekolah merupakan support system untuk membantu orang tua dalam memberikan warna baru dalam hidup sang anak. Ibarat orang tua adalah penjahit, sekolah merupakan mesin jahitnya, atau bahkan hanya berupa gunting kainnya. Penjahit harus memilih mesin jahit dan guntingnya sendiri, agar menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan. Kalau hasilnya kurang memuaskan, coba dilihat lagi, jangan-jangan penjahitnya memilih mesin jahit yang tidak compatible, atau ternyata ada yang salah dengan teknik jahitnya.

Oh, dan jangan lupa, satu orang guru itu mengampu 20 orang murid minimal. Bisa mencapai 50 bahkan. Bandingkan dengan orang tua yang maksimal memiliki 5-10 anak (jaman sekarang ya, kalau jaman dulu bisa sampai 19 hohoho), kalau apple to apple jelas lebih unggul orang tua dong.

Maka, plis plis dan plissss banget. Jangan sampai anda melewatkan privilege yang sudah anda miliki tanpa perlu bersusah payah, privilege untuk mengasuh anak. Terutama di Indonesia, yang kalau orang tuanya masih fakir ilmu pun anaknya nggak ditarik negara. Bayangkan anda di Eropa, yang nggak mengajak anak jalan-jalan selama 1 x 24 jam saja bisa diperkarakan.

Jadilah orang tua yang profesional, not a baby that has a baby. Untuk sekolah juga jadilah support system keluarga yang profesional, bukan mesin penghancur masa depan anak. Jangan berjuang sendiri, berat. Mending bareng-bareng.

Tertanda,

Murid yang sekarang menjadi guru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s