KTP Hilang

Kemarin aku akhirnya mengambil KTP yang baru diurus di kecamatan! Bahagia pisan akhirnya bisa punya KTP lagi setelah sempat hilang sekitar sebulan. Nah, di kesempatan kali ini, aku mau sharing tentang apa saja hal yang harus dilakukan ketika KTP hilang.

Tarik nafas dan tetap tenang

Coba dicari dulu, siapa tahu ternyata keselip di tempat-tempat yang tidak terbayangkan. Kalau memang bener nggak ada, maka lanjut ke step berikutnya.

Minta surat keterangan kehilangan ke Polsek terdekat

Untuk mendapatkan surat ini caranya gampang banget, tinggal mendatangi Polsek di bagian kehilangan. Beritahukan estimasi lokasi dan waktu hilangnya KTP tersebut, bapak polisi akan membuatkan surat keterangan kehilangan yang sudah dicap, kita tinggal tanda tangan dan memeriksa detil mengenai KTP nya.

Oh ya, surat ini berlaku 14 hari ya.

Mengunjungi pak RT dan RW

Nah, kebetulan banget nih, aku belom pernah ketemu sama pak RT sama sekali, karena waktu pertama bikin KTP formulirnya yang dikirim ke rumah. Melalui musibah ini, akhirnya bisa kenalan dan silaturahmi dengan pak RT dan pak RW. Apalagi RT di tempatku itu bentuknya memanjang, jadi sulit untuk saling ketemu kalau memang nggak disempatkan.

Di tempat pak RT, kita akan mendapatkan satu formulir yang harus diisi dan ditandatangani oleh pak RT, RW dan Lurah. Perbaruan KK pun begitu, akan dapet formulirnya dari pak RT. Oh ya, karena KTP nya hilang, maka ada satu lembar lagi keterangan kehilangan dari kantor RT.

Membawa berkas ke Kelurahan

Di kelurahan ini, harus sudah komplit berkas-berkasnya:

  • Fotocopy Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian (2 lbr)
  • Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian yang asli (1 lbr)
  • Fotocopy akta kelahiran/ijazah (2 lbr)
  • Formulir permohonan pembuatan KTP
  • Pas foto 2×3 (3 lbr)
  • Fotocopy KK (2 lbr)
  • Materai (2-3 lbr)

Karena aku mau mengubah status dari mahasiswa jadi wiraswasta, jadi nggak pakai akta kelahiran, tapi fotocopy ijazah. Karena ini bukan pembuatan yang pertama kali, jadi pengurusan berkas ini bisa diwakilkan (jangan lupa pakai surat kuasa ya) jika pemohon berhalangan hadir.

Kalau nggak salah dari kelurahan dapet surat pernyataan lagi yang menyatakan bahwa kita akan mengembalikan KTP yang lama seandainya ditemukan.

Mengurus ke Kecamatan

Selesai cek berkas serta mendapatkan tanda tangan pak Lurah, selanjutnya tinggal memasukkan berkas ke Kecamatan. Karena sudah ada file e-ktp sebelumnya, maka tidak perlu lagi ada sesi foto. Pembuatan bisa lebih cepat. Sekitar 2 minggu kemudian, KTP sudah bisa diambil.

Semua proses ini tidak ada yang dikenai biaya ya man teman, jadi jangan sampai tertypu oleh calo-calo di luar sana. Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s