Perjalanan

Sebuah perjalanan kehidupan.

Suatu hari, ada seorang teman yang bertanya pada saya, “apakah pernah kamu menyesali pilihan yang sudah kamu ambil?”

Sebuah pertanyaan klise yang sering ditanyakan pada saya, terutama jika topik pembahasannya adalah tentang saya yang melompati jenjang SMA. Sejujurnya, saya tipe anak yang tidak pernah melihat kembali ke masa lalu dan menyesali segalanya. Saya percaya bahwa setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Dan sama seperti sebuah cerita dengan sisi gelap dan terangnya, begitulah kehidupan akan berlangsung. Ketika sedang dalam sisi gelap mungkin kita akan frustasi, tapi jika tidak kita jalani, maka kita tidak akan bisa melangkah ke halaman berikutnya yang mungkin saja merupakan titik yang kita nantikan.

“We live in the present, we think for the future and we learn from the past.”

Saat ini, saya merasa banyak berubah dan berkembang dengan berada di Lebah Putih, menjalani dua peran sebagai guru dan sebagai ketua yayasan. Ketika saya menjadi guru, saya harus menjaga sikap dan perilaku hingga ke detil-detil kecilnya, karena saya merupakan contoh dari anak-anak. Ketika saya menjadi ketua yayasan, saya harus menjaga sikap dan perilaku hingga ke skala besarnya. Mampu mengelola berbagai permasalahan yang ada di sekolah.

Disini saya belajar bahwa banyak hal yang saya sangka tidak mampu untuk saya lakukan, ternyata bisa. Seperti menghafal nama. Dalam satu kelas terdapat kurang lebih 20 anak, saya memiliki waktu 1 hari untuk menghafal minimal separuhnya, karena harus memanggil nama, menegur, dsb. Dan surprisingly, saya bisa. Setelah 10 tahun lebih saya selalu melupakan nama orang yang pertama kali berkenalan dengan saya. Ternyata bukan karena saya tidak mampu, namun saya tidak mau. Saya secara tidak sadar menempatkan itu ke dalam hal tidak penting, sehingga membuat saya selalu gagal dalam melakukannya.

Ini menjadi titik balik bagi saya, bahwa selama saya mau melakukan sesuatu, tentu saya akan bisa melakukannya. Kalaupun sulit, saya pasti akan menemukan caranya.

Being a teacher is surely hard, but then again, it remind us to keep learning, no matter how old we are.

Today, I learn and grow from being a teacher, who knows what I will gonna do in the future. But, whatever it is, I just wanna keep doing the best of it.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s