Membenci Seperlunya, Mencintai Sewajarnya

Seringkali terbersit dalam hati ini komentar di bawah sadar tentang seseorang. Terkadang sebatas “eh cantik,” atau “eh ganteng.” Namun yang saya takuti adalah komentar bawah sadar mengenai ketidak sukaan saya pada seseorang. Meski sejatinya saya tahu bahwa ada yang namanya “frekuensi” yang berperan banyak dalam cocok atau tidaknya kita dengan orang lain. Namun, bukan berarti kita bebas menganggap orang-orang di luar frekuensi kita lebih buruk, atau sekedar anggapan bahwa dia “tidak asik.”

Sesungguhnya kita tidak pernah tahu akan pribadi seseorang 100%, apalagi yang baru sekilas kita temui. Akan selalu ada setitik kebaikan di dalam diri orang paling jahat sekali pun, dan mungkin saja ada keburukan yang tertutupi pada orang yang terlihat sangat baik. Maka, “ojo kagetan, ojo gumunan,” biasa aja terhadap setiap perubahan yang kamu lihat, apalagi pada seseorang.

Membenci seperlunya, mencintai sewajarnya. Karena sesungguhnya kita hanyalah manusia biasa, bukan Nabi. Wajar jika seseorang berbuat salah, wajar jika seseorang merasa kecewa, dan hal yang wajar jika kita tidak disukai. Hal yang pantang adalah memutus silaturahmi. Jangan karena hal sepele jadi saling membenci, bedakan mana yang sunnah dan mana yang wajib. Jangan sampai hal sunnah membatalkan wajibmu.

Hingga saat ini saya pun masih belajar untuk membedakan rasa tidak suka, bahwa yang kita tidak sukai itu sifatnya, perilakunya, agamanya, pilihan hidupnya, bukan orangnya. Dengan begini kita bisa lebih objektif ketika melihat seseorang yang “berbeda” dengan kita. Karena perbedaan merupakan apa yang menyatukan Negara ini bukan?

Selamat merangkul perbedaan dalam tiap lini persahabatan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s