Ramadhan Notes #1

TARAWIH DAN ANAK ANAK

Alhamdulillah, masih dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan tahun ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Salah satu hal yang paling dinantikan selama bulan Ramadhan adalah pergi ke masjid untuk sholat tarawih, karena hobi saya untuk mencoba tarawih di berbagai masjid. Mencoba berbagai style yang berbeda. Tsaahh.

Hampir di setiap masjid yang saya kunjungi memiliki kendala yang sama. Anak-anak. Maklum, bulan Ramadhan hanya setahun sekali, jadi pastilah para ibu tidak mau ketinggalan merasakan nikmatnya tarawih di masjid bari gossip, eh maksudnya silaturahmi. Tak jarang sang anak yang masih usia belia diajak juga ke masjid dengan dalih, “biar kenal sama masjid.” Sip. Nggak ada yang salah sama kalimat tersebut, hanya sering kali para ibu lupa (atau tidak tahu) untuk mengajarkan adab selama berada di masjid. Walhasil, DYAR, ricuh lah para anak. 11-12 lah sama penonton sepak bola Indonesia, hahaha.

Jujur, saya merasa sedikit terganggu dengan kehadiran mahluk-mahluk kecil tersebut. Akhirnya saya keluar dengan ide “Tarawih Child Care” yang dikelola oleh mereka-mereka yang sedang berhalangan sholat. Menurut saya ide ini win-win solution sih, anak-anak senang karena mereka bisa tetap bermain (it’s their nature though, we shouldn’t break it, but facilitate it), para remaja dan orang tua yang sholat bisa khusyu’, dan yang sedang berhalangan bisa (insyaa Allah) mendapatkan pahala tambahan.

Untuk memenuhi keinginan para ibu memperkenalkan masjid pada anak-anak, maka materi child care bisa berisi pengetahuan seputar Ramadhan dan Masjid. Tidak lupa, adab apabila berada di masjid juga disertakan. Mereka yang sudah bisa memahami adab-adab di masjid, maka bisa di lepas untuk belajar menjalankan aktifitas-aktifitas di masjid: sholat, mendengarkan ceramah, mengaji, dsb.

Ada baiknya juga, jika dibentuk kelas persiapan Ramadhan yang di inisiasi oleh remaja masjid setempat. Untuk mempersiapkan adik-adiknya menyambut bulan nan suci ini. Dengan begitu, hawa Ramadhannya juga terasa jauh sebelum bulan ini datang.

Tertarik untuk mencoba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s